JogjaTravel

Jurang Tembelan – Spot Foto Menarik Ala Titanic

Jurang Tembelan – Halo semuanya ^^ setelah sekian lama saya tidak mengulas tempat wisata di Yogyakarta, sekarang saya kembali lagi mengulas tempat wisata di Yogyakarta. Nah, tempat yang akan saya ulas kali ini merupakan wisata alam yaitu Jurang Tembelan. Jurang Tembelan merupakan tempat wisata yang menyegarkan mata dengan menyajikan pemandangan yang luas dan menarik. Letak tempat wisata ini sendiri terdapat di daerah Bantul. Tanpa basa – basi lagi, langsung aja masuk ke ulasannya. ^^

 

Apa itu Jurang Tembelan ?

Jurang Tembelan merupakan tempat wisata berupa jurang sesuai dengan namanya yang menyajikan keindahan alam di atas sebuah jurang. Berdasarkan beberapa informasi yang saya dapatkan, tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sudah ada sejak tahun 2016. Sudah cukup lama ya ^^. Tempat wisata yang ada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY ini juga dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat.

 

Harga & Jam Buka

Untuk masalah harga, kalian tidak perlu khawatir, kalian tidak perlu membawa uang yang cukup banyak karena harga yang dipatok untuk dapat menikmati pemandangan di Jurang ini tergolong sangat murah. Kalian hanya perlu membawa beberapa pecahan uang saja.

Untuk membeli tiket masuk, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp 2.500,- saja untuk satu orang. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alamnya. Sayangnya, harga parkir untuk mobil di Jurang Tembelan ini agak mahal, yaitu Rp 5.000,- satu mobilnya, yang justru lebih mahal dari tiket masuk Jurang Tembelan. Tapi ya tidak apa – apa lah ya, toh cuman tiket parkir hehe. Jadi, kalau ditotal, untuk dapat masuk tempat wisata ini, kalian memerlukan sekitar Rp 7.500,- saja. Harga yang masih tergolong sangat murah untuk tempat wisata, tentunya jika kalian tidak membeli jajanan ya karena pastinya akan memerlukan biaya lagi.

Untuk jam buka, Jurang Tembelan ini dibuka 24 jam. Jadi untuk kalian yang ingin datang lebih awal untuk melihat matahari terbit, atau ingin melihat matahari terbenam, tempat ini dapat kalian kunjungi kapan saja kalian mau.

 

Fasilitas & Keindahan

Berbicara soal fasilitas dan keindahan, Jurang Tembelan ini tidak kalah dengan tempat wisata di sekitarnya. Kita mulai dari fasilitas terlebih dahulu. Kita mulai dari saat awal memasuki tempat ini. Saat awal memasuki tempat wisata ini, kita akan disambut oleh tempat parkir yang cukup luas yang dapat digunakan untuk parkir mobil dan motor. Gerbang masuknya pun terlihat jelas dari kejauhan. Setelah memasuki tempat pembelian tiket, kita akan melihat beberapa warung yang berjualan di dalam tempat wisata ini. Ada juga beberapa warung yang terletak di ujung tempat wisata. Di Jurang Tembelan juga disediakan beberapa tempat sampah untuk menjaga kebersihan tampatnya. Ada juga toilet umum yang berada di ujung tempat wisata ini di samping warung. Tetapi, untuk menggunakan toilet umum ini, kalian diharuskan membayar sebesr Rp 2.000,- , ya standar lah untuk toilet umum ^^. O iya, di Jurang ini juga disediakan beberapa tempat duduk seperti gazebo untuk beristirahat sejenak.

Lanjut ke keindahan dari Jurang Tembelan. Di tempat ini, kalian akan disajikan pemandangan pegunungan dan Sungai Oyo membelah pegunungan – pegunungan itu. Kalian dapat melihat pemandangan indah dan alami dari ketinggian yang dapat menyegarkan pikiran. Di tempat ini pula disediakan berbagai macam spot foto yang menarik dan instagramable seperti perahu yang terbuat dari bambu sebagai daya tarik utama, pesawat kecil, dan sebagainya yang membuat semakin asik. O iya, di tempat wisata ini pula terdapat jasa foto bagi kalian yang menginginkan hasil yang lebih memuaskan. Tentunya kalian harus membayar lebih untuk jasa foto ini ya ^^.

Sayangnya, menurut saya pribadi, tempat wisata ini tidak terlalu luas. Dan saat saya berkunjung ke Jurang Tembelan, keadaan cuaca saat itu mendung, sempat hujan dan sedikit becek, sehingga pengalaman yang saya dapatkan kurang maksimal. Sedikit saran dari saya, mungkin waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini pada saat cuaca cerah, saat sunrise, ataupun pada saat sunset sehingga kita dapat merasakan pengalaman yang maksimal di Jurang Tembelan.

 

Akses & Transportasi

Akses menuju tempat ini saya rasa sedikit susah karena tempat wisata ini berada di pegunungan yang jalannya naik turun. Jalan yang ada pun tidak terlalu lebar sehingga sedikt menyulitkan jika ada dua mobil yang berpapasan, apalagi jika saat tanjakan atau turunan. Oleh karena itu, kemampuan mengendarai kendaraan yang cukup ahli sangat diperlukan untuk mencapai lokasi wisata.

Untuk transportasi, kalian dapat mengakses tempat wisata ini menggunakan motor maupun mobil pribadi, maupun bus. Kalian juga dapat mampir ke tempat wisata lainnya seperti hutan pinus dan kebun buah mangunan.

 

Lokasi

Kalian dapat melihat lokasi wisata Jurang Tembelan di bawah ^^

Silakan mampir blog saya untuk melihat lebih banyak foto – foto seputar Jurang Tembelan di sini

Baca juga artike seputar Travel lainnya di sini

 

Oke sekian dulu informasi yang dapat saya berikan mengenai Jurang Tembelan. Bagaimana menurut kalian mengenai Jurang Tembelan ? silakan berikan komentar kalian di kolom komentar di bawah ^^ Saya memohon maaf apabila ada kesalahan penulisan dan kekurangan dalam memberikan informasi.

Terima kasih ^^

Tags

Related Articles