AplikasiUtilitas

Datally : Hemat Kuotamu Pakai Ini…

Datally – Mungkin di antara kalian pernah mengalami kuota kalian habis mendadak dalam seminggu, sehari, atau bahkan lebih singkat, padahal kalian baru saja beli kuota. Rasanya itu kayak kuota kita habis dimaling hantu ahaha. Akhirnya kita memutuskan unutk download aplikasi penghemat data kuota kita. Kita bisa melihat banyak sekali aplikasi penghemat kuota di Play Store atau di App Store. Tapi, kebanyakan aplikasi penghemat kuota di Play Store atau App Store hanya menawarkan gimik dan banyak sekali iklannya. Dan terkadang hal yang seperti itu membuat kita tidak betah dengan aplikasinya, dan akhirnya memutuskan untuk uninstall aplikasi itu… dan akhirnya kita kembali boros menggunakan kuota kita. Untuk kalian yang sering mengalami hal tersebut, tenang saja karena Google telah menyediakan solusinya yaitu Datally.

 

Developer

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google LLC, perusahaan yang sangat besar di dunia dengan jasa dan produk internetnya. Produk – produk dari Google ini sangat banyak di berbagai bidang seperti mesin pencarian seperti Google Search. Kemudian komunikasi seperti Gmail, Google Chrome, dan Google Duo. Hiburan seperti Youtube. Bahkan Google juga membuat Smartpohone seperti project Nexus dan Google Pixel series. Utilitas seperti Google Analytics dan juga Datally yang akan kita bahas kali ini.

Datally ini sebenanya sdah cukup lama dirilis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis di Play Store. Untuk ukuran aplikasi ini sendiri tergolong sangat kecil karena hanya sebesar 5 Mb saja. Link download aplikasi ini akan saya taruh di akhir artikel ini ^^.

 

Apa itu Datally ?

Dasarnya, Datally memiliki fungsi yang simple, yaitu bisa digunakan untuk memantau penggunaan data dan mengatur penggunaan data atau kuota kalian. Di dalam aplikasi ini kalian dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat atau tidak dapat menggunakan data kalian di background. Contohnya jika kalian melarang WhatsApp untuk menggunakan data di background, maka kalian tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp sebelum kalian membuka WhatsApp terlebih dahulu.

Apa cuma itu kegunaannya ?  engga… selain kegunaan utamanya yaitu manage data, Datally juga memiliki fitur yang cukup banyak untuk sebuah aplikasi penghemat data. Fitur – fiturnya seperti emergency bank, bedtime mode, daily limit, bubble track, unused apps, dan guest mode.

 

Tampilan

Untuk tampilan di dalam Datally ini dapat saya katakan cukup bagus. Tampian aplikasi ini cukup simple sehingga enak untuk dilihat. Warna biru dan putih di dalam aplikasi ini dapat saya katakan pas dan tidak berlebihan. Pengguna juga dapat dengan mudah memahami fungsi – fungsi dari fitur – fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini tanpa setting yang ribet. Intinya pengguna akan merasa nyaman saat menggunakan aplikasi ini.

 

Fitur – fitur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Datally ini memiliki banyak fitur. Yang pertama yaitu emergency bank. Fitur ini digunakan untuk menyimpan sebagian data yang ingin kita simpan dan akan digunakan untuk keperluan selanjutnya. Misalnya kita menyimpan sejumlah kuota. Nah kuota yang kita simpan itu dapat kita gunakan saat kuota kita habis atau telah mencapai batas. Nah, fitur yang satu ini menurut saya cukup berguna untuk orang – orang yang sering sekali menghabiskan kuotanya dalam waktu yang singkat.

Kemudian ada fitur bedtime mode. Sesuai namanya, fitur ini dapat kita gunakan untuk mengatur penggunaan data kita untuk mengatur waktu tidur kita. Contohnya kita dapat mengatur bedtime mode dari jam 10 malam hingga jam 4 pagi. Maka Datally akan secara otomatis mematikan penggunaan data kita saat dalam waktu yang telah kita atur. Fitur yang satu ini menurut saya berguna untuk orang – orang yang sering kesusahan mengatur waktu tidurnya atau orang – orng yang sering begadang karena asik memankan smartphonenya.

Lanjut lagi, ada fitur daily limit. Fitur ini dapat digunakan untuk membatasi penggunaan data harian kita. Ini adalah fitur yang sering saya gunakan selama saya menggunakan aplikasi ini. Cara menggunakannya sangat mudah, kita hanya perlu menginput jumlah data harian yang ingin kita habiskan dalam sehari. Jika kita telah menyentuh batasan hariannya, maka secara otomatis Datally akan mematikan penggunaan data kita. Fitur ini cukup bermanfaat untuk orang – orang yang memiliki kuota yang terbatas.

Selanjutnya ada fitur bubble track yang dapat digunakan untuk memantau penggunaan data suatu aplikasi. Begitu kita membuka sebuah aplikasi, maka bubble track ini akan muncul berbentuk lingkaran kecil serta muncul angka seberapa banyak data yang telah kita gunakan dalam aplikasi tersebut. Fitur ini juga sering saya gunakan untuk memantau aktivitas saya dalam menggunakan data di smartphone.

Unused apps. Fitur yang satu ini cukup sederhana karena fitur ini akan meberitahu aplikasi apa saja yang ada di dalam smartphone kita yang tidak dipakai dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, Datally akan meminta untuk menghapus aplikasi tersebut untuk memperluas storage smartphone kita.

Fitur terakhir yang cukup berguna yaitu guest mode. Terkadang saat teman – teman kita meminjam smartphone kita, mereka menggunakannya semau mereka. Alhasil kuota kita terkuras dengan cepat. Oleh karena itu Datally menambahkan fitur guest mode untuk mengatur jumlah maksimal penggunaan data dari orang – orang yang meminjam smartphone kita.

 

Spesifikasi yang dibutuhkan

Untuk dapat menikmati Datally beserta fitur – fitur yang di dalamnya, kita tidak memerlukan spesifikasi smartphone yang bagus. Smartphone low end pun saya rasa dapat menjalankannya dengan lancar tanpa hambatan. Sedangkan untuk versi android yang dibutuhkan, Datally membutuhkan setidaknya android versi 5.0 Lolipop atau lebih. Tentunya kebanyakan smartphone yang beredar sekarang sudah memiliki versi android yang lebih baru.

 

Kesimpulan

Oke, saatnya menarik kesimpulan. Menurut saya Datally adalah sebuah aplikasi yang cukup bagus untuk sebuah aplikasi penghemat kuota. Datally menawarkan tampilan yang simple dan mudah dimengerti. Dengan fitur – fitur yang dibawa, Datally sudah dapat saya katakan cukup lengkap. Meskipun ada satu fitur yang dihilangkan yaitu fitur untuk dapat mencari wifi di sekitar kita. Ya tapi menurut saya hal itu oke – oke saja. Tapi gatau deh untuk orang lain fitur itu penting atau tidak ^^.

 

Link download

Untuk mendownload Datally, kalian bisa klik link yang ada di bawah ini

Play Store

 

Jangan lupa mampir untuk baca artikel lainnya di sini

 

Saya rasa sekian dulu pembahasan kita tentang Datally ini. Bagaimana pendapat kalian tentang aplikasi penghemat kuota yang satu ini ? silakan tinggalkan komentar kalian di bawah ^^. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pemberian informasi.

Terima kasih ^^

Tags