AdventureGame OfflineGames

The Walking Dead : Game Zombie Apocalypse Seru

The Walking Dead – hai readers !! ^^ Sekarang ini banyak sekali game bergenre arcade, online multi player, dan adventure yang digemari banyak orang. Contohnya saja game online multiplayer yang banyak digemari di smartphone adalah Mobile Legends dan PUBG. Jika kita melihat ke game yang lain, sebenarnya masih banyak game dengan genre lain yang menarik untuk dimainkan seperti game yang akan saya bahas kali ini. Game yang akan saya bahas kali ini yaitu sebuah game bergenre story buatan dari Telltale yang sudah cukup lama rilis, yaitu The Walking Dead.

 

Developer

Dari kabar yang sering saya dengar baik dari teman maupun dari internet, game The Walking Dead season pertama ini memiliki story atau alur yang sangat bagus. Ya tidak heran sih saya, karena developer dari game ini adalah Telltale Games yang memang terkenal handal dalam pembuatan game bergenre story. Game – game lain yang dibuat oleh Telltale ini seperti Minecraft Story Mode, Game of Thrones, The Walking Dead series, dan masih banyak lagi.

Game offline yang satu ini dirilis pertama kali pada April 2014, sudah cukup lama ya game ini ^^. Namun meski telah lama semenjak perilisannya, game ini tetap mendapat update pada bulan Maret 2018 lalu di Google Play Store. Game story ini dapat kalian download dan mainkan secara gratis di smartphone android maupun ios. Untuk link download dari game ini akan saya berikan di akhir artikel ini. Oh iya, sebelum mendownload game ini, pastikan kalian memiliki kuota dan storage yang cukup lega pada smartphone kalian karena game ini menghabiskan storage total sebesar 1.2 Gb.

Satu hal lagi yang harus kalian perhatikan sebelum mendownload game ini yaitu pastikan usia kalian 18+ dan sebisa mungkin jauhkan dari anak – anak yaa. Loh memangnya kenapa ? Karena di dalam game ini akan banyak menampilkan scene pembunuhan, kecelakaan, dan masih banyak lagi adegan mengerikan di dalam game ini karena game ini bertema Zombie Apocalypse yang banyak memperlihatkan zombie – zombie yang mengerikan. Ya dari judulnya saja sebenarnya udah keliatan sih ada kata “Dead” yang pastinya di dalam game ini juga akan banyak menunjukkan kematian – kematian yang mengenaskan.

 

Story & Gameplay

Sebagai game yang bergenre story, pastinya game ini harus mengedepankan story yang bagus. Yak, game ini menceritakan sebuah dunia yang pada saat itu virus zombie mulai menyebar. Tokoh utama di game ini yaitu Lee yang saat itu sedang di dalam mobil polisi tiba – tiba mengalami kecelakaan. Setelah berhasil keluar dari mobil polisi itu, Lee terkejut dengan zombie – zombie yang mulai mengejarnya dan akhirnya Lee pun melarikan diri. Setelah ia berhasil melarikan diri, Lee bertemu dengan seorang gadis kecil yang kehilangan orang tuanya, yaitu Clementine. Mulai dari sinilah Lee dan Clementine harus berhadapan dengan bahaya melawan para zombie- zombie yang ada. Cukup sudah spoiler storynya ya haha :v.

Story di dalam game ini dibagi menjadi 5 episode utama dan satu lagi special episode. Sayangnya pada smartphone, hanya episode 1 saja yang dapat dimainkan secara gratis. Untuk episode selanjutnya kita diharuskan membayar Rp 67.000 untuk setiap episode yang ada dan sudah menjadi kebiasaan Telltale Games untuk membuat game yang mengharuskan pemain membeli episode selanjutnya di dalam game ini, persis seperti yang dilakukan Telltale pada Minecraft Story Mode. Satu hal lagi yang menurut saya menjadi kekurangan di dalam game ini yaitu story yang disediakan di episode pertama ini saya rasa cukup singkat dan kurang greget jadinya. Jika saja Telltale mau menambah durasi di episode pertama ini pasti akan menjadi menarik lagi. Tapi ya menurut saya itu fine – fine aja ya, karena mungkin maksud Telltale adalah mendemokan game mereka dan kita sebagai pemain harus menghargainya dengan membeli episode – episode selanjutnya ^^.

Cukup untuk storynya, sekarang kita beralih ke gameplay. Di dalam game ini kita hanya dapat sedikit bereksplorasi dan kita diharuskan fokus kepada story dari game ini. Tidak banyak kontrol yang dapat kita lakukan di dalam game ini. Untuk dapat memainkan game ini, kita diharuskan mengikuti story dan memilih jawaban yang telah disediakan di dalam game ini. Setiap kali kita akan menjawab atau merespon sesuatu, kita akan diberikan waktu untuk menjawabnya dan ada beberapa pilihan jawaban atau respon yang tidak diberikan waktu, dan menurut saya waktu yang diberikan ini cukup singkat apalagi untuk orang yang belum lancar dalam berbahasa inggris. Yak, di dalam game ini kita dituntut untuk menggunakan bahasa inggris selama bermain. Segala percakapan yang ada dan jawaban yang akan kita berikan di dalam game ini full bahasa inggris. Jika kalian belum fasih berbahasa inggris, kalian dapat mengaktifkan fitur subtittle yang tersedia. Hal ini cukup membantu dalam memahami percakapan yang ada.

Lanjut ke bagian saat bereksplorasi di dalam game ini. Saat kita bereksplorasi di dalam game ini, kontrol yang digunakan tidaklah jauh berbeda dengan kontrol pada game – game arcade. Di dalam game ini akan disediakan sebuah analog transparan yang dapat kalian gunakan untuk berjalan dan mengeksplorasi lingkungan sekitar kalian. Kalian juga dapat berinteraksi dengan lingkungan kalian dengan tap ke objek yang ingin kalian lihat.

 

Grafik & Sound

Untuk urusan grafik, menurut saya Telltale sudah cukup baik dalam mengemasnya. Di dalam game ini kita akan mendapatkan grafik yang condong ke arah cartoon style. Yah walaupun tidak menggunakan grafik realistic seperti kebanyakan game – game jaman sekarang, nyatanya game ini masih sangat enak untuk dinikmati. Tapinya lagi, meskipun menggunakan grafik yang condong ke cartoon style, pewarnaan di dalam game ini tidak seperti cartoon yang cenderung cerah dan bersuasanya ceria. Pewarnaan di dalam game ini cenderung bersuasana gelap, menyeramkan, dan tidak ada unsur cerianya sama sekali, ya pokoknya udah sesuai dengan temanya yaitu zombie apocalypse. Tentunya dengan pewarnaan yang seperti ini akan menambah tegang suasana yang ada di galam game ini.

Untuk sound dan musik yang ada di dalam game ini saya rasa cukup pas. Di dalam game ini tidak disediakan pilihan musik. Sound yang disediakan di dalam game ini sudah cukup untuk menggambarkan suasana game yang mengerikan. Dan pada saat di dalam game tidak akan kalian temukan musik – musik dan sound yang aneh – aneh apalagi meriah. Di dalam permainannya hanya ada suara alam seperti kicauan burung, suara angin berhembus, dan pastinya suara dari zombie – zombie yang berkeliaran yang kadang – kadang bikin suasana jadi serem. Intinya untuk urusan sound, game ini sudah dapat menambah suasana yang mencekam di dalam game.

 

Fitur – fitur

Ya karena ini adalah game yang berfokus pada story, kita tidak bisa berharap banyak pada fitur yang diberikan di dalam game ini. pada menu awal saja kita hanya diberikan tiga menu, yaitu play, episodes untuk memainkan episode yang ada, dan tentunya menu help & options.

Di dalam menu help & options kita akan menemukan beberapa pengaturan seperti controls, how to play, dan settings. Awalnya saya kira menu controls akan menyediakan banyak opsi untuk mengontrol dalam permainan. Eh ternyata menu controls ini hanya memberi tau aja cara memainkan gamenya aja, php emang game ini. Sedangkan menu how to play juga hanya memberikan sebuah teks bagaimana cara memainkan game ini juga. kalo gitu mah mendingan controls dan how to play digabung jadi satu aja.

Kemudian ada menu setting. Di dalam menu ini akan ada dua sub menu lagi, yaitu audiovisual untuk setting audio dan gameplay. Di dalam audiovisual kita dapat mengatur tingkat voice, music, dan sound sesuai selera kita. Kemudian di dalam menu gameplay kita disediakan opsi subtittle, detect selectables, dan story notifications. Secara keseluruhan menu setting ini cukup sederhana.

O iya sedikit tambahan, di dalam game ini tidak disediakan settingan untuk grafik ya, jadi kita tidak bisa meningkatkan atau menurunkan kualitas grafiknya demi kelancaran hp kita.

 

Spesifikasi yang dibutuhkan

Untuk dapat memainkan game ini, pada deskripsi di Google Play Store tertera beberapa spesifikasi minimum dan beberapa spesifikasi rekomendasi dari Telltale. Untuk dapat memainkannya setidaknya kalian membutuhkan GPU Adreno 200 series, Mali-400 series, PowerVR SGX540, atau Tegra 3. Kemudian untuk CPU kalian membutuhkan setidaknya CPU dual core 1.5GHz, dan RAM 1 Gb. Tentunya spesifikasi yang lebih bagus akan menambah kenyamanan kalian saat bermain. Untuk pengujian RAM pada saat bermain game, ternyata konsumsi RAM oleh game ini bisa saya katakan sedikit yaitu kurang dari 100 Mb.

Untuk android, spesifikasi yang dibutuhkan adalah android versi 2.3.3 ke atas. Dan untuk IOS memerlukan versi IOS 6.0. pastinya semua hp yang beredar saat ini sudah memiliki spesifikasi yang jauh di atas spesifikasi yang dibutuhkan ya ^^.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, game yang satu ini cukup seru untuk dimainkan. Apalagi game ini menawarkan story yang cukup menarik untuk diikuti. Yah walaupun dengan episode yang cukup singkat saya cukup menikmati alur ceritanya selama bermain The Walking Dead ini. Tapi dengan permainan yang cukup asik, kalian harus tetap mempertimbangkan beberapa hal seperti konsumsi storage yang besar dan pertimbangan usia untuk memainkan game ini seperti yang sudah saya jelaskan di pembahasan developer sebelumnya.

 

Link download

Untuk mendownload game ini, silakan klik link yang ada di bawah ini ^^

Android

IOS

 

Silakan kunjungi blog saya untuk melihat galeri game ini di sini

Jangan lupa mampir baca artikel lainnya seputar game di sini

 

Saya rasa sekian dulu ulasan saya tentang game The Walking Dead kali ini. Bagaimana menurut kalian mengenai game bergenre story yang satu ini ? silakan tinggalkan komentar kalian di bawah ^^. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pemberian informasi.

Terima kasih ^^

Tags

Related Articles

Check Also

Close