Game OnlineGamesRacing

Asphalt 9 Legends : Racing Legendaris Dari Gameloft

Asphalt 9 Legends – Hai readers !! ^^ sudah cukup lama saya tidak posting artikel baru karena banyak kesibukan hehe. Kalian para penggemar game terutama game racing pasti sudah kenal dengan seri game balapan dari Gameloft yaitu Asphalt kan ? Nah kali ini saya akan mengulas sebuah game racing atau balapan yang baru dan sangat menarik untuk dimainkan yang merupakan penerus dari Asphalt 8 Airborne, yaitu Asphalt 9 Legends.

 

Developer

Siapa sih yang tidak tahu Gameloft sekarang ini ? Gameloft adalah sebuah perusahaan game yang sangat besar. Developer raksasa yang satu ini telah membuat berbagai macam game dengan berbagai macam genre di berbagai platform seperti pc dan smartphone. Game yang dibuat pun tidak main – main kerennya. Untuk kategori smartphone sendiri game yang telah dirilis oleh Gameloft sangat banyak. Beberapa contoh terkenalnya seperti Minion Rush, Modern Combat 5, Sniper Fury, Gangstar Vegas, Asphalt 8, Asphalt Xtreme, dan Asphalt 9 sendiri.

Asphalt 9 sendiri baru dirilis pada tanggal 25 Juli 2018 kemarin di Google Play Store. Game online ini dapat kalian download secara gratis sebesar 1.5 Gb di Google Play Store dan di App Store. Link download game ini akan saya berikan pada akhir artikel. Sizenya menurut saya cukup besar untuk orang yang memiliki smartphone dengan storage yang sempit.

 

Story & Gameplay

Untuk bagian story, saya rasa game bergenre arcade racing bukanlah game yang kuat di bagian ini. Sama halnya dengan Asphalt 9 Legends ini, story tidak terlalu ditampakkan karena memang bukan story yang menjadi nilai jual utama dari game ini. Di dalam game ini kita hanya diminta untuk balapan, balapan, dan balapan terus menerus untuk menyelesaikan beberapa chapter yang tersedia. Di dalam game ini disediakan 5 chapter yang unlocked dan chapter lain yang masih coming soon. Di dalam setiap chapter, masih ada beberapa sub lagi yang sangat banyak dan di dalam sub itu ada beberapa level yang harus diselesaikan. Dan setiap lanjut ke level berikutnya, kita memerlukan upgrade beberapa parts mobil untuk menaikkan rank mobil milik kita untuk memenuhi rekomendasi minimum level.

Lanjut ke bagian gameplay. Pada awal masuk game, kita akan disambut dengan beberapa tutorial untuk dapat mengendalikan mobil. Ada beberapa cara untuk dapat mengendalikan mobil di game ini yaitu touch drive dan manual controls. Touch drive merupakan fitur baru pada Asphalt yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita dalam bermain karena dengan touch drive mobil akan berbelok sendiri dan kita hanya butuh tap dan swipe layar saja untuk memilih jalan yang akan kita tempuh. Untuk nitro dapat diaktifkan dengan tap layar di bagian kanan. Sedangkan rem dan drift dapat dilakukan dengan tap dan menahan layar di sebelah kiri. O iya untuk berputar dapat kita lakukan dengan dua kali tap di layar. Berputar 360 saat balapan dapat digunakan untuk knockdown musuh dan menambah cadangan nitro. Menurut saya touch drive dapat kita gunakan jika kita menginginkan balapan santai dan malas memutar – mutar smartphone yang terkesan ribet dan tidak praktis.

Kemudian ada manual controls yang pengaturannya sama seperti Asphalt 8 Airborne. Manual controls dapat kita pilih jika menginginkan adanya tantangan pada saat balapan karena kita mengendalikan penuh kemana mobil akan melaju. Kita harus tap layar ( tap to steer ) atau bahkan memutar layar (tilt to steer ) untuk membelokkan mobil. Pada tap to steer terdapat lambang rem yang dapat kita gunakan untuk mengerem sekaligus untuk drift dan lambang nitro untuk menggunakan nitro. Sedangkan pada tilt to steer lambang rem dan nitro tidak ditampilkan sehingga tampilan layar menjadi lebih bersih. Untuk dapat berputar 360 cara yang digunakan sama dengan touch drive yaitu tinggal tap 2 kali pada layar saja. saya pribadi sih biasanya menggunakan manual control tilt to steer untuk melatih ketangkasan saya dalam bermain game racing yang satu ini. Untuk sensitivity biasanya saya set di 30 % saja agar tidak terlalu licin :v.

Dalam game ini juga kalian akan mendapatkan berbagai macam reward setelah menyelesaikan beberapa level. Reward yang ada bermacam – macam seperti tokens, coins, blueprints untuk mendapatkan mobil, dan berbagai parts mobil untuk upgrade mobil kedepannya.

 

Grafik & Sound

Inilah yang menjadi nilai jual utama dari game Asphalt 9 Legends ini. Grafik pada game ini bisa saya bilang cukup membuat saya kagum karena untuk set grafik default saja sudah mampu menampilkan detail – detail yang memuaskan. Detail seperti bangunan, pada saat menggunakan nitro, pada saat drifting, gesekan dengan mobil lain, knockdown musuh, dan masih banyak lagi detail lainnya sudah dieksekusi dengan baik oleh Gameloft. Hanya saja, menurut saya untuk urusan grafik kurang ada peningkatan dari Asphalt 8 Airborne sebelumnya, mungkin karena quality yang dapat saya mainkan hanya mentok di default aja. Tapi tetep bagus kok menurut saya untuk grafiknya sendiri, no complaint lah :v.

Urusan sound sudah tidak perlu kalian khawatirkan lagi di dalam game ini. sound yang tersedia baik sound effect, dan lagu pada game ini sudah cukup lengkap. Jika kalian merasa ada suara yang kurang imbang di game ini, kalian dapat menuju pengaturan untuk mengatur sfx, engine, music, dan general pada game ini. Kalau menurut saya sendiri sih settingan awal pada game ini sudah saya rasa pas dan tidak berlebihan.

Musik yang ada pada game ini cukup menghadirkan suasana yang asik saat bermain game. Pada Asphalt 8 Airborne kebanyakan musik yang ada adalah music DJ yang sangat keren seperti Martin Garrix dan Alan Walker. Sama seperti pendahulunya, Asphalt 9 Legends ini tetap mempertahankan musik dari berbagaai DJ sebagai soundtrack di dalam game. Bahkan lagu Nock Em karya BossFight yang muncul di Geometry Dash juga dihadirkan di dalam game ini. Untuk urusan Grafik dan Sound pada game ini saya rasa sudah tidak ada keluhan.

 

Fitur – fitur

Untuk fitur yang tersedia di dalam game ini bisa saya katakan sangat lengkap. Kita mulai dari halaman home terlebih dahulu. Di home ini kalian akan melihat menu shop, daily events, multiplayer, my club, dan my career. Di home ini juga kalian akan melihat informasi jumlah token dan koin kalian. Untuk menu My Career adalah menu kalian untuk menyelesaikan story dan gameplay utama game ini. Kemudian My Club adalah semacam grup untuk kalian berkumpul dengan pemain lain. Untuk My Club ini saya belum terlalu mengerti fitur – fiturnya karena saya sendiri belum diterima di Club manapun :’v. Multiplayer sendiri pasti kalian tahu fungsinya yaitu untuk bermain dengan player lainnya. Di sini kalian memerlukan koneksi internet untuk dapat bermain dengan player lainnya. Tingkatan ranknya pun ada banyak mulai dari bronze, silver, gold, platinum, hingga legend. Kemudian ada Daily Events yang memiliki berbagai macam hadiah jika kalian menyelesaikan misi tertentu. Dan yang terakhir ada Shop untuk kalian para sultan membeli card packs, koin, dan token menggunakan uang :v.

Setting atau pengaturan pada game ini sudah cukup lengkap. Di dalam pengaturan, kita akan menemukan Gameloft Connect, game setting, dan game info. Di dalam Gameloft Connect terdapat berbagai opsi seperti customer care, news, forum, reedem code, connect, dan more games.

Di dalam game setting sendiri kalian akan menemukan berbagai macam pengaturan. Pengaturan yang ada seperti Sound & Display untuk mengatur musik dan kualitas grafik yang kalian inginkan, camera view, speed unit, dan knockdown camera. Kemudian ada controls untuk mengatur settingan mengemudi kalian seperti touch drive atau manual controls yang sudah saya jelaskan di bagian gameplay. Selanjutnya ada opsi language & country untuk memilih berbagai bahasa yang terbilang lengkap bagi saya. Dan yang terakhir ada Notification untuk mengatur notifikasi masuk, parent info, dan tutorials yang terdiri dari touch drive tutorial dan manual controls tutorial. Untuk menu terakhir ada game info yang terdiri dari privacy policy, lisence, dan sebagainya. Sangat lengkap kan ^^

Kemudian menu profil sendiri dapat kalian akses di sebelah kiri atas menu home. Di menu profil ini kalian dapat mengubah nama kalian dan menampilkan beberapa informasi seputar akun kalian seperti player id, garage level, dan reputation.

Sebenarnya masih ada lagi fitur – fitur di dalam game yang satu ini seperti kostumisasi warna mobil, ketersediaan upgrade parts mobil, dan lain – lain. Hanya saja saya tidak bisa membahas semuanya karena banyak sekali. Kalian bisa mengeksplor satu – satu saat bermain nanti.

 

Spesifikasi yang dibutuhkan

Untuk memainkan game ini saya rasa kita memerlukan smartphone yang cukup bertenaga agar dapat berjalan mulus setidaknya di settingan default. Saya rasa smartphone dengan snapdragon 625 sudah cukup lancar untuk memainkan game ini di setting default. Untuk android, spesifikasi yang dibutuhkan adalah android 4.3 ke atas. Sedangkan untuk IOS versi yang dibutuhkan adalah IOS 8 ke atas.

 

Kesimpulan

Oke sudah saatnya saya menarik kesimpulan game ini. Meskipun tidak kuat di bagian story, saya rasa game buatan Gameloft yang satu ini sangat pantas kalian coba. Game gratis yang mendapat rating 4.5 di Google Play Store ini menawarkan grafik dan gameplay yang mengesankan. Ditambah lagi dengan berbagai macam fitur – fitur yang sangat lengkap membuat game ini semakin asik untuk dimainkan. Namun semua itu perlu kalian bayar dengan size yang tidak kecil menurut sebagian orang, yaitu sebesar 1.5 Gb. Untuk jaga – jaga saja setidaknya kalian harus menyiapkan space sebesar 2 Gb untuk update kedepannya nanti.

 

Link download

Untuk mendownload game ini, silakan klik link yang ada di bawah ini ^^

Android

IOS

Silakan kunjungi blog saya untuk melihat galeri game ini di sini

Jangan lupa mampir baca artikel lainnya seputar game di sini

 

Saya rasa sekian dulu ulasan saya tentang game Asphalt 9 Legends kali ini. Bagaimana menurut kalian mengenai game arcade racing yang satu ini ? silakan tinggalkan komentar kalian di bawah ^^. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pemberian informasi.

Terima kasih ^^

Tags

Related Articles