Game OfflineGamesPuzzle

Agent A: Trial Edition, Game Puzzle Ala – Ala Detektif

Agent A : Trial Edition – Hai Readers !! ^^ kalau dari kemarin saya mengulas game yang bergenre arcade terus menerus, sekarang saya akan mengulas game bertemakan puzzle. Tidak sekedar puzzle, game ini menawarkan suasana yang menurut saya cukup fresh dan tidak terkesan membosankan. Justru game ini memberikan suasana yang berbeda dari game – game puzzle kebanyakan. Game yang akan saya ulas ini adalah Agent A : Trial Edition

 

Developer

Game bergenre puzzle ini merupakan game besutan developer Yak & Co yang pernah merilis game Agent A : A puzzle in disguise alias versi berbayar game ini. Versi berbayar pada game ini sebenarnya telah dirilis sejak lama yakni pada Oktober 2016 di Google Play Store. Sedangkan versi trial dari game ini baru saja dirilis pada 17 Juli 2018 kemarin, yak cukup lama rentang waktu perilisan dari trial edition ini ^^. Walaupun tergolong sudah cukup lama semenjak perilisan gamenya, nyatanya game ini masih sangat asik untuk dimainkan. Terlebih jika kalian adalah orang yang menyukai game bergenre puzzle ditambah lagi suka dengan tema detektif – detektifan ^^. Game offline sebesar 39 Mb ini dapat kalian download secara gratis di Google Play Store. Sayangnya saya tidak menemukan versi trial game ini untuk IOS. Untuk versi full versionnya dapat kalian miliki dengan harga Rp 7.000,- saja di Google Play Store dan $4.99 di IOS. cukup murah kan ^^. Untuk Link download game ini akan saya cantumkan pada akhir artikel ini ^^.

 

Story & Gameplay

Bebicara soal story & gameplay, menurut saya game ini sudah dapat saya kategorikan memuaskan. Oke kita bahas story terlebih dahulu. Dalam game ini kita akan berperan sebagai seorang detektif yang sedang menyelidiki atau memata – matai seorang detektif jahat yang sering disebut Ruby La Rouge yang dicurigai telah membuat banyak detektif hilang. Di dalam game ini juga kita akan menyelidiki rumah detektif jahat itu yang bukannya rumahnya tersembunyi di suatu daerah terpencil, melainkan rumahnya terletak di pinggir pantai yang indah dan mudah ditemukan. Sangat cocok untuk orang yang menyukai game puzzle. Saya saja yang sebelumnya tidak menyukai game puzzle, setelah bermain game ini saya merasa tertarik untuk melanjutkan game ini.

Lanjut ke bagian gameplay. Untuk cara memainkan game ini cukup simple. Kalian hanya perlu tap pada bagian objek yang ingin kalian amati lebih jelas. Untuk kembali kalian hanya perlu tap layar dengan 2 jari kalian, cukup simple bukan ^^. Di dalam game ini, kalian diharuskan mengamati secara detail apa saja yang ada di dalam sebuah ruangan serta mengingatnya baik – baik. Kenapa harus diingat- ingat ? karena untuk menyelesaikan sebuah puzzle yang ada pada sebuah ruangan, kalian diharuskan untuk melihat clue yang berada di ruangan yang lain. Intinya game ini dibuat mirip dengan game – game detektif ^^. So kalian di haruskan memutar otak berkali – kali untuk memecahkan puzzle yang ada. Di dalam game ini kalian tidak hanya memecahkan puzzle yang ada berdasarkan clue yang ada, tapi kalian juga dapat mengumpulkan item untuk membantu kalian dalam memecahkan teka – teki yang ada.

Selain itu, game ini juga menawarkan 4 chapter yang dapat kalian nikmati, serta chapter 5 yang masih berstatus coming soon. Sayangnya, pada versi trial yang saya coba, saya hanya dapat memainkan chapter pertama saja. Itupun tidak semua puzzle dapat kita selesaikan pada game ini karena kita hanya dapat menyelesaikan sekitar 80% saja dari chapter pertama ini. Tanggung amat kan yaa… padahal seru banget game yang satu ini :’)

 

Grafik & Sound

Walaupun game ini kuat di bagian story dan puzzle yang dimiliki, game ini tetap menawarkan grafik yang menarik jika dilihat. Game ini memiliki desain grafik yang flat dan simple. Selain desain flat dan simple, game ini memberikan nuansa jaman dulu berkat pemberian warnanya yang tidak terlalu cerah. Sekali lagi, pokoknya mirip seperti game detektif – detektifan ^^.

Selain itu, animasi yang diberikan pada game ini cukup bagus. Terlihat pada detail transisi yang dibuat baik saat mendekati objek maupun menjauhi objek yang ada, animasi yang ada saat berada di menu home, dan pergerakan tanaman dan air. Mungkin satu hal yang sedikit kurang di dalam game ini yaitu tidak adanya opsi pengaturan grafik di dalam game ini. Tapi yak arena game ini termasuk ringan, saya rasa ketidakhadiran opsi itu dapat dimaklumi.

Beralih ke bagian sound. Untuk bagian ini pemilihan lagu yang ada saya rasa sudah cukup sesuai dengan tema detektif pada game yang satu ini. Lagu yang ada pada bagian home sudah terdengar menegangkan tetapi tidak ramai dengan instrumen – instrumen musik yang berlebihan, tipikal lagu – lagu pada film detektif lah ^^. Pada saat berada di dalam game, lagu otomatis mengecil sehingga menimbulkan suasana yang sepi dan senyap seolah – olah kita tidak boleh berisik di dalam game ini layaknya detektif yang sedang menyelidiki sesuatu.

Selain lagu – lagu, ada efek suara lain seperti air yang mengalir dan angin yang berhembus yang menambah kesunyian di dalam game ini semakin terasa nyata. Ada pula efek suara seperti saat pintu terbuka, menyalakan saklar, barang yang jatuh, barang yang pecah, suara dari piano, suara kucing dan masih banyak lagi yang membuat game ini semakin hidup. Saya rasa untuk bagian sound dan efek yang diberikan di dalam game ini sudah dapat saya katakan sangat memuaskan.

 

Fitur – fitur

Fitur – fitur yang disediakan di dalam game ini dibuat minimalis dan tidak banyak kostumisasi yang dapat di lakukan. Untuk mode yang di sediakan di dalam game ini hanya ada 1 mode. Mungkin karena game ini berfokus pada story dan gameplay sehingga untuk urusan mode tidak banyak yang dapat dibuat. Tapi tenang kok ada 5 chapter yang tersedia di dalam game ini ^^.

Lanjut ke bagian pengaturan dari game ini. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa game ini dibuat dengan pengaturan yang minimalis dan tidak banyak kostumisasi, game ini hanya menawarkan pengaturan yang tergolong sedikit. Kita hanya diberi opsi achievements, rate game dan juga opsi pengaturan itu sendiri. Di dalam pengaturan, game ini juga hanya menyediakan 4 opsi yaitu reset game, opsi mematikan lagu, opsi mematikan sound effect, dan opsi bahasa. Untuk opsi bahasa, bahasa yang tersedia sudah cukup banyak mulai dari bahasa inggris, mandarin, jepang, korea, perancis dan masih banyak lagi. Sayangnya di dalam game ini belum tersedia opsi bahasa Indonesia. Coba ada opsi bahasa Indonesia, beuhhh bakal lebih mantab djiwa ini game ^^.

 

Spesifikasi yang dibutuhkan

Saya rasa tidak perlu smartphone berspesifikasi tinggi untuk memainkan game ini dengan lancar. Saya dapat memainkan game ini dengan lancar pada Asus Zenfone 3 milik saya ini. Kalian wajib memiliki versi android 4.4 ke atas di android untuk dapat memainkan game ini. Sedangkan untuk IOS, kalian wajib memiliki versi IOS 9.1 ke atas untuk menikmati game ini.

 

Kesimpulan

Saya rasa game buatan Yak & Co yang mendapat rating 4.8 dari 5 ( full version ) di Google Play Store dan 4.9 dari 5 di IOS ini sudah dapat saya kategorikan memuaskan. Walaupun hanya mencoba versi trial dari game ini, saya sudah tertarik untuk memainkannya, apalagi full versionnya untuk melihat story lengkapnya ya kan ^^. Dengan harga yang di tawarkan menurut saya game ini masih tetap layak untuk dimainkan dengan story dan gameplaynya yang kuat, ya walaupun untuk fitur yang disediakan masih sedikit. Jika kalian tidak ingin membeli game ini tapi teptap ingin merasakan game nya, kalian dapat memainkan versi trialnya yang tersedia di Google Play Store.

 

Link download

Silakan klik link yang ada di bawah untuk mendownload game ini ^^

Android

Full version

Trial edition

IOS

Full version

 

Silakan kunjungi blog saya untuk melihat galeri game ini di sini

Jangan lupa mampir baca artikel lainnya seputar game di sini

 

Saya rasa sekian dulu ulasan saya tentang game Agent A : Trial Edition kali ini. Bagaimana menurut kalian mengenai game puzzle detektif yang satu ini ? silakan tinggalkan komentar kalian di bawah ^^. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pemberian informasi.

Terima kasih ^^

Tags

Related Articles

Check Also

Close