ArcadeGame OfflineGames

Macet ke Bioskop : Game Unik Karya Anak Bangsa

Macet ke Bioskop – Jika kita sadari, kemajuan industri game di jaman sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Jika kita dulu cukup susah untuk menjumpai game – game di berbagai platform karena perkembangannya yang belum sebesar sekarang, saat ini kita dengan mudah menjumpai game – game yang bagus di platform manapun, baik di android, ios, maupun konsol game. Harga yang dijual pun tidak mahal, bahkan banyak game yang dapat kita download secara gratis. Sayangnya, game terkenal yang beredar sekarang ini kebanyakan adalah game buatan luar negeri. Menurut saya masih jarang ada game buatan Indonesia yang terkenal. Pada kali ini saya akan membahas sebuah game gratis buatan anak bangsa yang unik yaitu Macet ke Bioskop buatan Film Nasional.

 

Developer

Game ini adalah game bergenre arcade yang dirilis pertama kali pada Juni 2018 kemarin. Game offline berukuran 58 Mb ini dapat kalian unduh secara gratis di Google Play Store dan IOS. Link download game ini akan saya berikan pada akhir artikel. Berbicara tentang developer game ini yaitu Film Nasional, developer ini sendiri masih baru dalam pembuatan game. Terlihat pada jumlah game yang dibuat baru ada satu game pada artikel ini dibuat, yaitu Macet Ke Bioskop ini. Walaupun masih tergolong developer baru, Film Nasional ini patut saya beri apresiasi karena bukan hanya developer dari Indonesia, tetapi karena game yang dibuat oleh Film Nasional ini cukup menarik.

 

Story & Gameplay

Di dalam game ini, kita akan berperan sebagai seseorang yang sedang ada di sebuah perjalanan. Kemudian, pacar dia menelpon kita untuk menemaninya menonton di bioskop. Tetapi, saat itu kondisi jalan sedang macet. Akhirnya kita diharuskan untuk mengendarai mobil dengan cepat agar sampai di bioskop tepat waktu.

Cara memainkan game ini cukup mudah. Kita hanya perlu swipe layar ke atas atau ke bawah untuk menghindari kendaraan yang menghalangi jalur di depan kita. Selain itu kita juga dapat tap satu kali untuk membunyikan klakson. Tetapi, perlu diingat bahwa kita harus dapat mengatur kapan klakson kita dibunyikan karena akan ada jeda waktu sekitar 3 detik untuk dapat menggunakan klakson lagi.

Di dalam game ini juga disediakan berbagai macam area mulai dari area 1-1, 1-2, 1-3, 2-1, sampai pada area 3-3 yang akan menjadi finish kita nantinya. Total jarak yang akan kita tempuh selama bermain game ini untuk mencapai bioskop adalah 10.5 Km. Selain beberapa area tersebut, kalian juga akan mendapatkan area yang dinamakan area bonus. Di dalam area ini kalian akan dengan mudah mendapatkan banyak popcoin. Untuk penjelasan popcoin itu apa akan saya jelaskan pada bagian fitur nanti.  Dari area – area yang ada, setiap area memiliki rintangan – rintangannya sendiri, mulai dari berbagai macam kendaraan yang menghalangi jalan, jalan yang rusak, polisi tidur, polisi yang siap menilang kalian jika melewati jalur busway, sampai orang yang menyeberang jalan. Dari semua area yang pernah sama mainkan, menurut saya tingkat kesulitan game ini hanya dapat saya kategorikan sedang karena kita tidak perlu terlalu fokus untuk menamatkan game ini.

 

Grafik & Sound

Beralih ke bagian grafik, game ini menggunakan desain tampilan yang flat dan simple. Pewarnaan pada game ini menurut saya sudah cukup bagus, komposisi warnanya imbang dan tidak ada yang berlebihan sehingga enak untuk dipandang.

Yang saya suka dari desain tampilan pada game ini yaitu game ini membuat seluruh desain yang ada sesuai dengan kondisi yang ada di Indonesia. Desain – desain yang saya maksud yaitu penggambaran kendaraan – kendaraan yang ada mulai dari bus, mobil, dan motor yang sering kita lihat dalam kehidupan nyata kita. Selain itu ada juga penggambaran kondisi jalanan seperti tiang listrik di pinggiran jalan yang sangat persis dengan kondisi di Indonesia. Selain tiang listrik yang mirip, ada juga desain bangunan dan trotoar yang mirip juga, contohnya saja seperti bangunan yang belum jadi, rumah – rumah warga, sampai detail kecil seperti orang yang berjualan di pinggir jalan.

Lanjut ke bagian suara. Suara yang disediakan game ini cukup unik. Pada saat bermain kalian akan diiringi dengan suara lagu yang terdengar cerah yang dapat menambah keasikan saat bermain. Selain itu, detail suara tambahan seperti polisi yang mengiringi saat bermain game pun menambah suasana yang asik pada game ini. Saya rasa cukup sekian untuk pembahasan lagu karena lagu yang disediakan tidak banyak.

 

Fitur – fitur Game

Untuk fitur yang ada di dalam game ini dapat saya katakan cukup dan tidak berlebihan. Fitur – fitur yang disediakan adalah menu setting, high score, hadiah, dan menu share. Pada menu setting kita dapat menjumpai pengaturan sound, tutorial, dan credits. Di dalam tutorial ini kalian akan diajarkan berbagai macam hal mengenai cara memainkan game ini termasuk di dalamnya ada materi mengenai power up, trivia, dan popcoin.

Berbicara tentang popcoin, popcoin ini memiliki 3 fungsi yaitu untuk membeli skin kendaraan, membayar biaya tilang, dan meningkatkan high score kita. Skin yang disediakan di dalam game ini pun cukup banyak, total ada 20 skin yang dapat kalian dumpulkan. Contoh dari skin yang ada yaitu The MiawAug Van yang menjadi salah satu skin favorit saya karena saya sendiri menyukai Channel Youtube gaming dari MiawAug. Selain itu, skin yang saya suka adalah skin sepeda karena lebih ramping sehingga memudahkan saya dalam berpindah – pindah jalur di dalam game. Lalu bagaimana cara mendapatkan popcoin ini ? caranya cukup mudah, karena kalian akan mendapatkannya di dalam permainan. Kalian bisa mendapatkan popcoin dengan melewati jalur busway, melewati kendaraan lain, dan juga pada area bonus.

Kemudian ada Trivia yang menjadi fitur yang paling saya sukai di dalam game ini. Tidak hanya sekedar bermain, namun di dalam game ini kita akan belajar tentang sejarah – sejarah yang ada di Indonesia yang dikemas ke dalam Bahasa yang singkat dan mudah dipahami. Kita dapat membuka tiga belas Trivia yang disediakan dengan mengumpulkan Rol Trivia di dalam game. contoh trivia yang ada yaitu sejarah becak, monas, ojek, dan lain lain. Jika pada update mendatang sang developer dapat menambah trivia yang ada, tentunya akan menjadi update yang menarik.

Satu hal lagi yang saya sukai dalam game ini yaitu tidak adanya iklan yang mengganggu. Dengan tidak adanya iklan, menurut saya para pemain akan merasa senang karena mereka tidak perlu menunggu beberapa saat untuk memainkan game karena menunggu iklan selesai.

 

Spesifikasi yang dibutuhkan

Saya rasa untuk memainkan game ini, kalian tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi karena game ini termasuk game ringan. Saya rasa smartphone dengan harga 1 jutaan masih dapat memainkan game ini dengan lancar. Untuk dapat memainkan game ini, minimal kalian menjalankan sistem android 4.1 atau lebih tinggi dan IOS 8 atau lebih tinggi untuk platform iphone.

 

Kesimpulan

Menurut saya, game arcade buatan anak bangsa yang satu ini sangat layak untuk kalian mainkan. Tidak hanya karena gameplay yang asik, namun di dalam game ini juga kalian akan belajar sejarah Indonesia yang ada di dalam fitur trivia game ini. Menurut saya, dengan memainkan game buatan Indonesia seperti ini, kita sudah berkontribusi dalam memberikan dukungan pada kemajuan industri game di Indonesia.

 

Link download

Silakan untuk klik link download yang ada di bawah ini untuk mengunduh game ini secara gratis

Link download Android

Link download IOS

 

Kunjungi artikel game lainnya di sini

 

Saya rasa sekian dulu ulasan saya mengenai game Macet ke Bioskop buatan Film Nasional ini. Bagaimana menurut kalian tentang game karya anak bangsa yang satu ini ? silakan tulis komentar kalian di bawah. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan pemberian informasi. Terima kasih ^^

Tags

Related Articles