JogjaTravel

Mengintip Keramaian Sunmor Jogja

Hai readers !! ^^ bagi kalian yang udah tinggal di jogja sejak lama, pasti tau dong Sunmor jogja itu apa… namun bagi kalian yang tidak bertempat tinggal di jogja atau baru saja tinggal di jogja, mahasiswa baru misalnya, mungkin kata ‘Sunmor’ itu asing bagi kalian. Nah bagi kalian yang masih asing apa itu Sunmor jogja… simak artikel yang satu ini ^^

 

Apa sih sunmor ?

Sunmor jogja sendiri memiliki kepanjangan yaitu Sunday Morning. Sunmor ini adalah sebuah tempat belanja, saya gatau nyebutnya apa, mungkin bisa disebut pasar kali ya ^^. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari kompasiana.com, pasar ini dulunya muncul pada tahun 1984 karena banyaknya orang di sekitar UGM yang berolahraga. Karena banyak yang sedang berolahraga, akhirnya muncullah inisiatif beberapa pedagang makanan untuk membuka stand makanan berharap banyak orang yang sedang berolahraga mampir untuk makan. Penjualnya pun berasal dari mahasiswa UGM itu sendiri.

Jualan yang disediakanpun sekarang beragam, mulai dari makanan, kemudian ada furnitur, tas, pakaian anak-anak hingga orang dewasa. Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang lain juga yang tertarik untuk berjualan. Seiring berjalannya waktu juga, letak sunmor ini beberapa kali dipindah tempatkan dan akhirnya terpilihlah tempat yang cocok untuk sunmor yaitu di daerah jl. Agro dan jl. Lembah UGM, di antara UGM dan UNY. Mantab djiwa

 

Harga & jam buka

Berbicara soal harga… kalian tidak akan dipungut biaya apapun untuk masuk ke sunmor karena dasarnya sih sunmor ini adalah pasar, mungkin kalian hanya diminta membayar parkir kendaraan jika kalian membawa kendaraan pribadi ke sunmor. Tapi jika kalian hanya menggunakan sepeda, atau angkutan umum, kalian tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali biaya transportasinya ya :v.

Di sunmor ini tersedia banyak stand yang menyediakan beragam jualan dengan harga yang beragam pula. Jualan-jualan yang ada sangat beragam mulai dari makanan seperti bakso, sosis bakar, roti, takoyaki, dll. Ada juga berbagai macam furnitur seperti bingkai, hiasan-hiasan & gantungan kecil. Kemudian ada berbagai macam jenis tas seperti tas slempang, tas sekolah baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dan tidak lupa juga ada pakaian untuk orang dewasa dan anak-anak, baik perempuan maupun laki-laki. Tidak lupa juga di sunmor ini menyediakan peralatan sholat seperti pecis bagi yang muslim.

Dari semua barang yang sudah saya sebutkan di atas, menurut saya sih harga yang dipatok tidak tinggi, tapi tidak kemurahan juga… standar lah menurut saya dan harga setiap barang tergantung penjual yang ada. Contohnya saja sosis bakar (kebetulan saya sering beli sosis bakar di sunmor ehehe) yang dipatok dengan harga sekitar 10 ribu rupiah untuk ukuran normal.

Untuk jam buka sunmor. Sesuai Namanya, yaitu Sunday Morning, Sunmor selalu buka pada hari minggu pagi jam 6 hingga jam 12 siang. Cukup lama kan ^^. Cocok lah buat kalian yang ingin menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan sambal menikmati keramaian ^^

Sedikit tambahan,pasar dadakan ini akan ditutup jika ada kegiatan khusus di UGM yang mengharuskan sunmor untuk tutup terlebih dahulu, misalnya kegiatan ujian masuk ugm.

 

Fasilitas & keindahan

Tentunya di pasar dadakan yang buka setiap hari minggu saja seperti sunmor jogja ini, kita tidak bisa berharap banyak pada fitur dan keindahan yang ditawarkan, tidak seperti tempat wisata lainnya yang memang sudah menetap seperti malioboro, benteng vredeburg, dll.

Di sunmor ini tidak disediakan petunjuk maupun papan bacaan apapun. Untuk kerapihan tempat dan kenyamanan saat berjalan pun terkesan biasa saja dan terkesan agak sumpek. Namun hal ini bisa dimaklumi mengingat pengunjung sunmor ini cukup banyak. Sama halnya dengan keindahan atau pemandangan di sunmor yang terkesan biasa saja dan spot foto yang disediakan pun tergolong sedikit… ya maklum lah ini tempat jualan, bukan tempat foto-foto wkwk. Walaupun banyak pengunjung, sunmor ini tetap bisa dibilang aman. Hal ini juga didukung dengan adanya polisi di daerah sunmor yang siap menjaga daerah sunmor dan membantu mengatur lalu lintas sekitar agar tidak macet.

Selain beberapa hal yang sudah saya jelaskan tadi, ada satu hal yang saya sukai dari tempat ini, yaitu ketersediaan tempat sampah yang cukup banyak di sepanjang jalan. Terkesan sepele sih, namun ketersediaan banyak tempat sampah ini menurut saya sangat bagus karena dengan adanya tempat sampah ini pengunjung tidak perlu kebingungan mencari tempat sampah. Dan setelah sunmor bubar, akan ada banyak petugas kebersihan yang datang untuk membersihkan derah sekitar sunmor. Hal ini menurut saya patut diapresiasi karena dengan adanya petugas kebersihan yang datang, sampah-sampah yang berserakan pun dapat diangkut dengan cepat sehingga daerah lembah ugm dan agro ini kembali bersih ^^. Ntab djiwa lah petugasnya !!

 

Akses & transportasi

Yang pertama adalah persiapan, hal yang perlu disiapkan dari rumah adalah uang… kenapa uang ? karena di sunmor akan banyak sekali godaan-godaan makanan minuman, pakaian yang cukup menarik. Untuk akses ke sunmor cukup mudah karena letaknya yang dekat dengan UGM dan UNY, yang pastinya kalian tau dong UGM itu dimana hehe.

Kalian dapat mengakses sunmor menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian dapat memarkirkan kendaraan di daerah jl. Agro di daerah Klebengan, atau di perempatan Sagan. Saran saya sih jangan masuk menggunakan kendaraan karena sunmor itu cukup ramai yang akan menyulitkan kalian sendiri nantinya… lebih baik parkirkan saja kendaraan kalian dahh ^^. Yaa kalau kalian tetap ingin membawa kendaraan masuk, menurut saya maksimal kalian membawa motor saja dan untuk mobil sih tetap parkirkan saja di salah satu tempat parkir di ujung sunmor.

 

Lokasi

kalian dapat melihat lokasi sunmor jogja di sini ^^

 

Baca juga artikel travel lainnya di sini

 

Oke sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan tentang sunmor jogja pada kali ini. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pemberian informasi dan penulisan kata. Silakan berikan kritik dan saran kalian di kolom komentar di bawah ^^

Terima kasih ^^

Tags

Related Articles