JogjaSejarahTravel

Museum Benteng Vredeburg – Murah Meriah & Kaya Ilmu

Halo readers !! ^^. Kalau berbicara soal Jogja, mungkin yang terlintas di kepala kalian adalah Gudeg Jogja atau Bakpia Pathok sebagai makanan khas dari Jogja. Mungkin juga yang terlintas di kepala kalian adalah Malioboro yang terkenal sebagai tempat wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Jogja. Selain Malioboro, ada juga tempat wisata di Jogja yang cukup menarik dan letaknya tidak jauh dari Maloboro, yaitu tepat di samping Malioboro dan berada di depan istana presiden di Yogyakarta. Tempat itu adalah Benteng Vredeburg.

Sedikit sejarah tentang Benteng Vredeburg dulu ya ^^. Benteng ini dibangun pada tahun 1760 an oleh Belanda. Awalnya benteng ini bernama “Benteng Rustenburg” yang kemudian diganti menjadi “Benteng Vredeburg”. Dulunya benteng ini digunakan untuk berlindung dan menahan serangan dari Kraton Yogyakarta, tapi sekarang benteng ini sudah dijadikan sebagai museum yang berisi sejarah-sejarah indonesia. Saya rasa sudah cukup sejaah singkatnya.

Sekarang kita mulai masuk ke Museum Benteng Vredeburg ini. Sebelum kalian masuk ke benteng ini, kalian akan melewati parit yang dulunya digunakan sebagai pertahanan terluar benteng ini. Setelah melewati parit tersebut, kalian diharuskan membeli tiket masuknya terlebih dahulu. Tenang saja, harga tiket yang dipatok tidak mahal kok ^^, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3000 rupiah untuk orang dewasa dan Rp 2000 rupiah untuk anak-anak. Murah sekali kan harganya ? bahkan menurut saya ini merupakan tempat wisata yang murah meriah ^^.

Setelah masuk ke dalam Museum Benteng Vredeburg, kalian akan melihat bangunan-bangunan tua khas jaman Belanda. Jika kalian bingung mana yang ingin kalian kunjungi terlebih dahulu, kalian dapat menanyakannya di bagian informasi yang terletak di serong kiri kalian setelah masuk benteng. Jika kalian tidak ingin bertanya juga tidak apa-apa, di dalam benteng tersebut telah disediakan papan peta yang cukup besar terpampang. Kalian dapat membacanya dan menentukan kemana kalian pergi ^^.

Jika kalian masih bingung kemana akan pergi, saran saya sih pergi ke diorama satu, kemudian dua, tiga, dan empat secara berurutan karena pintu masuk dan keluar setiap diorama saling menyambung.

Lalu apa saja isi dari diorama-diorama ini ? Oke, di dalam Museum Benteng Vredeburg terdapat empat diorama yang masing masing membahas topik-topik yang berbeda. Pada diorama pertama, kalian akan mendapatkan informasi tentang Pangeran Diponegoro sampai masa pendudukan Jepang di Yogyakarta yang dibagi dalam 11 minirama. Diorama kedua terdapat 19 minirama yang mejelaskan peristiwa sejarah Proklamasi Kemerdekaan sampai Agresi Militer Belanda di Indonesia. Diorama ketiga terdapat 18 minirama yang menjelaskan tentang Perjanjian Renville sampai pengakuan Republik Indonesia Serikat (RIS). Uniknya, di dalam diorama tiga ini, kalian akan menikmati sebuah wahana yang isinya merupakan sebuah ruangan yang dibentuk menyerupai suasana saat penjajahan jaman dahulu, lengkap dengan patung-patung pahlawan yang sedang bertempur. Kemudian diorama keempat menjelaskan sejarah saat periode NKRI sampai dengan Masa Orde Baru.

Sekedar tambahan… buat kalian yang tidak bisa berbahasa Indonesia atau ingin menyambi berlatih Bahasa asing, asekkkk XD, di setiap minirama telah disediakan teks berbahasa Indonesia dan Bahasa inggris ^^.

Setelah kalian keluar dari diorama-diorama di Museum Benteng Vredeburg, kalian juga dapat menikmati suasana yang tenang di benteng tersebut. Selain itu, banyak spot foto yang bagus di museum ini. So, buat kalian yang yang suka berfoto-foto ria, kalian bisa mampir ke museum yang satu ini juga.

Kesimpulannya, saya rasa dengn harga masuk yang sangat murah, Museum Benteng Vredeburg ini cukup menarik untuk dikunjungi. Selain kalian akan mendapat ilmu-ilmu sejarah yang bermanfaat, kalian akan mendapat bonus yaitu spot foto yang bagus.

Oke, sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan tentang kunjungan saya ke Museum Benteng Vredeburg. Saya mohon koreksi para pembaca apabila saya ada kesalahan kata dan informasi. Silakan beri komentar kalian mengenai artikel ini di bawah. Terima kasih !! ^^

silakan kalian mampir ke website resmi Museum Benteng Vredeburg disini ^^

Tags

Related Articles